Kamis, 13 Januari 2011

cina membangun jembatan terpanjang di dunia

di artikel ini, bercerita bahwa cina membangun jembatan yang katanya dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di dunia(aduch, panjangan mana sama jembatan suramadu yaa?(suramadu jembatan yang menghubungkan pulau jawa dengan madura)). ya udahlah, untuk berita yang selengkapnya, chek it out.......

Liputan6.com, Beijing: Cina membangun jembatan yang kabarnya akan dinobatkan menjadi jembatan terpanjang di dunia. Jembatan Qingdao Haiwan ini panjangnya mencapai 42,48 kilometer. Ini berarti tiga kilometer lebih panjang dari rekor jembatan terpanjang sebelumnya yang dipegang oleh Pontchartrain Causeway di Louisiana, Amerika Serikat.
Seperti dilansir Telegraph, baru-baru ini, jembatan yang menghubungkan kota pelabuhan Qingdao dengan Kota Huangdao ini dibangun selama empat tahun dengan biaya sebesar 56,35 miliar yuan atau setara Rp 76,7 triliun. Desain dari jembatan enam jalur yang memiliki lebih dari 5.200 tiang ini dirancang oleh Shandong Gausu Group.
Sebanyak 10 ribu bekerja keras setiap harinya dan 450 ribu ton baja yang setara cukup untuk membangun 65 menara Eiffel. itu semua digunakan untuk mewujudkan mimpi Negeri Tirai Bambu membangun jembatan terpanjang sejagat.
Jembatan Qingdao Haiwan akan diresmikan pada akhir 2011. Diharapkan, jembatan tersebut dapat menampung 30 ribu mobil per harinya.(DSC/ANS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar